Sponsored by

Rabu, 30 November 2016

CINTA MONYET MASA SMP? Bagian 2 : Pesantren

      Nama Bidadari itu.... aku ga tau bro... belum masuk sesi perkenalan soalnya... hehehehe....
      Nah pas masuk sesi perkenalan, kenalanlah kita di depan kelas, atu-atu, aku grogi bro. Aku inget dulu pas lagi ikut lomba baca puisi di pendopo kecamatan pas jaman aku SD, kakiku gemeteran, saban ikut lomba mesti gemeteran, gara-gara itu kali ya aku ga menang. Tapi jangan salah, pas aku ikut buat yang terakhir kalinya yaitu pas kelas 6, aku menang bro, jurinya sampe bingung, soalnya lawanku juga bagus bro, kita sampe tanding ulang, saking bingungnya itu juri. Jurinya ga tau kali ya, kakiku rasanya mau copot pas disuruh baca lagi... Nerpes bro!!! tapi alhamdulillah aku yang menang,hehehehe... jangan tanya pialanya, ada di sekolah!!! kirain buat aku...

     Balik lagi ke SMP, majulah aku ke depan kelas, dengan kaki gemeteran, pahaku gempa 10.0 skala paha ( kalo skala richter aku tak tau, hehehehe..). singkat kata kenalanlah aku, pas aku bilang kalo aku dapet nick name cacing, pada ketawa semua satu kelas, guruku ikut senyum-senyum, bukannya dia yang masukin jenis hewan itu ke gulungan!!! merah deh muka ini...
     Nah tibalah saatnya pas si "dia" memperkenalkan diri... Pas dia maju nih, udah di cuit2tin sama temen-temennya, maklum temen SDnya dia banyak yang masuk SMP itu, tdak seperti diriku, yang cuma satu-satunya satu kecamatanpun, ada di kelas lain, itupun aku belom akrab, cuma tau doank, eh dari kecamatan tetangga dink, hehehe...
      Emang nasib kali ya, bukannya sombong siy, tapi di SD aku tuh aku paling penter bro, mulai kelas 1 sampe kelas 6 aku selalu rangking 1, ga pernah turun tahta, padahal aku ga pernah belajar, tapi aku baru sadar pas SMP ini bro, ternyata aku jadi rangking 1 terus cos sainganku yang kurang "menggigit", nah pas rapotan pertama, aku rangking 1 juga siy, tapi ada "0" dibelakang, hiks... Tapi aku ga sedih-sedih amat siy... Bodo amat mau rangking berapa... hehehe...
      Eh, aku belom nyebutin namanya ya? lupa... namanya itu sama persis kayak nama salah satu produk kebersihan yang akrab banget sama ibu-ibu... asli, aku pas denger nama itu, kirain aku salah denger bro... Namanya RINSO!!!! GILAAAAAA!!!!! masak cantik-cantik namanya kayak sabun cuci!!!!!!  syok abis diriku dibuatnya. tapi, mari kita pikirkan dengan jernih,
1. itu merek sabun yang ikut nama dia, ato dia yang ikut nama itu sabun y? kalo diliat dari tahu pendiriannya, itu sabun adanya mulai kapan aku ga tau, jadi untuk masalah ini aku angkat kaki deh... 2. kalo diliat dari segi kebersihan, kalo sama-sama bersih sih, dia bajunya bersih, roknya bersih, sepatunya bersih, kaos kakinya juga bersih, mukanya pun bersih, tapi tidak membersihkan hehehe... kalo sabun mah udah jelas buat nyuci kan? hehehe....
3. kalo diliat dari segi doa ortu? ga tau deh....
      Yang jelas buat aku waktu itu dia cantik... sampe kebayang kemana-mana... Tapi bro, punya perasaan kayak gini, menurutku waktu itu ya salah, sebab, doktrin yang aku terima adalah, pacaran itu ga boleh, jadi kesimpulanku, jatuh cinta juga ga boleh donk, kan katanya pacaran itu karena ada dua manuasia beda jenis kelamin yang saling jatuh cinta? kalo gitu, yang hombreng itu namanya apa y? hehehehehe......
      Kalo dilukiskan perasaan aku waktu itu, gimana ya, kayak minder, sebab dirku kan anak kampung, muka biasa aja siy menurutku, kalo kata emak mah guanteng coy ( ya iya lah emak sendiri, sejelek-jeleknya anak kalo kata emaknya mah ganteng!!! ), kalo mau diliat dari prestasi, waktu itu kan baru masuk jadi aku ga tau juga, kalo dari segi temen, aku kuper...
        Beneran namanya Rinso? Becanda ding, hehehehe… Tapi beneran namanya Rins, ga tau juga sih kenapa dikasih nama begitu sama ortunya, biar bersih kali ya. Menurutku (waktu itu) dia adalah gadis paling manis yang pernah kuliah dalam hidupku (cie-cie, kayak pernah liat cewek lain ajah, hahahaha). Beneran sob, buktinya aku ga berani kenalan sampe laaaaaaaaammmmmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…….. dan akhirnya kenal-kenal sendiri, dan hilanglah kesempatan untuk berkenalan dengan cewek macam di pilm-pilm romantis, yang terjadi hanyalah hal biasa saja, tak ada yang luar biasa. Dan yang kuingat hanyalah aku melangkah pulang dengan gontai kerena malu yang luaaaaaar binasa.
Sesampai di kamar aku ganti baju, sholat dhuhur (pesantren bro, ga boleh lupa sholat) dan makan siang dengan lauk ote-ote. Maklumlah, seorang santri juga harus bisa hidup hemat cenderung kere, sebab untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah sang maha pencipta kita tidak diperbolehkan hidup foya-foya, begitu kata pak kiai. Uang saku tidak boleh lebih dari 100 ribu selama 1 bulan, dan boleh bawa beras sendiri. Lumayan lah, kan waktu itu, tahun 2000an kali aku ga salah, tempe 1000 udah dapet banyak, minyak tanah masih murah, bahkan kalo aku ga salah inget ada penjual mie pangsit yang harganya 1500, nambah 500 kalo mau tambahan ceker ayam.
Santri itu saban hari harus sholat subuh, ashar, maghrib, dan isya’ berjama’ah. Dhuhur boleh ga jama’ah karena emang masih pada sekolah, dan biasanya juga sholat dhuhur di sekolah, kecuali hari pertama masuk sekolah, karena ga bawa sarung hehehehe…. Yang paling aku tunggu tiap minggu itu adalah malem jum’at, sebab setelah sholat maghrib dan tahlilan dapet makan dari Bu Nyai, makan di dapurnya Kiai, dan menurutku menu yang ada di situ adalah menu yang paling enak. Bukan karena lauknya mewah, atau apapun, yang paling aku inget itu lauknya tempe plus kuah lodeh sama sambel, sambelnya cuma garam sama cabe saja. Tapi rasanya bro, uueeeennnaaaak banget, suer dikewer-kewer. Jangan Tanya kenapa kok enak, sebab akupun tak tahu, karena gratis kali ya. Aku ga sempet nanya sih kenapa, tapi rata-rata temen-temenpun bilang enak.
Kalo masak sendiri biasanya sih masak tempe saja, kalo mau sayur ya cari kangkung di sungai belakang pesntren, masak deh. Kalo pengen makannya jadi nikmat biasanya temen-temen masak bareng, semua bahan mentah dimasak jadi satu, termasuk kangkung yang dapet dari sungai belakang itu. Setelah itu hampatkan daun pisang, taruh semua nasi beserta lauknya di situ, dan seeerrbbuuuuuuuuuuu…. Dijamin nikmaat banget itu rasanya makanan. Konon kata para senior, makan macam itu yang bikin enak adalah kebersamaannya. Kalo menurutku sih, yang bikin enak itu rebutannya, hehehehe… gimana ga mau rebutan, jatah makan sudah ada di situ, kalo kurang gesit ya ga kebagian, dan perut masih setengah kosong. Cobalah kau bayangkan udah sebulan jatah Cuma 100 ribu, apakah dikau akan merelakan makananmu dimakan orang? Kan mending ayo gesit-gesitan, daripada perut masih lapar dan akhirnya jajan, dan uangpun berkurang. Betul tidak? (bacanya ala Aa Gym ya).
Kegiatan malam dipesantren biasanya selepas sholat isya’ ada pengajian kitab akhlak, yang bikin nguaaantuk bange kalo lagi ngaji, dan kalo sudah selesai itu ngantuk juga ikutan selesai, aneh ya? Lepas itu kadang ada acara cerita seram yang ada disekitar pesantren oleh santri senior, contohya kalo pergi ke jamban dibelakang gedung hati-hati ntar ada tangan yang bakalan ngelus-ngelus bokong kamu, gitu katanya. Kalo dipikir-pikir sih, pas cebok kan itu pantat kena sentuh, jadilah dielus-elus. Nah, malam itu ada yang ga ikutan, karena siang tadi doi ketiduran jadi ga sempet nyuci baju, jadilah doi nyuci. Pas lagi cerita soal hantu yang ada di kamar mandi, yang katanya sih mbak kunti, doi dateng, cuciannya udah kelar, trus dia nyrocos aja sama bagian keamanan, ngomel-ngomel “ eh kamu gimana sih, itu ada mbak-mbak nyuci di kamar mandi sebelahku, kamu jadi keaman mbok ya kerja situ, duduk-duduk aja, katanya keamanan, tapi kok ada cewek sampe masuk ke tempat santri putra, tak laporin ke pak kiai lho kamu, biar kena marah, tapi ga sih ini kan pelanggaran berat paling kamu kena pukul, hahahahaha”, katanya. Aku yang udah dengerin cerita seremnya jadi berpandang-pandangan sama temen sebelahku. “Anu, kamu liat siapa yang nyuci?” kata bagian keamanan. “ ga sih, cuciankku kan banyak jadi ga sempet liat”, kata si doi. “trus kamu kok tau itu cewek?”, “ iya soalnya dia nyuci sambil berdendang”, katanya. Setelah itu kembalilah diceritakan bahwa di kamar mandi itu emang kadang ada mbak-mbak yang biasanya nyuci sambil berdendang. Doipun megap-megap sambil mangap merasa tak percaya. Masak sih,katanya. Dan diapun diminta untuk ngeliat sendiri kalo ga percaya, sayangnya doi ga mau ngeliat, udah merinding semua bulu kuduknya katanya, dan berakhirlah acara cerita malam, mengantarkan santri baru tidur dengan cerita menyeramkan, ga sanggup dengerin lagi soalnya.

      Berangkatlah aku tidur, doa sebelum tidur lupa kubaca sebab terlalu takut yang ada dipikiran, kutarik selimut menutui muka. Kemudian pas lagi enak-enak tidur, tiba-tiba aku ditindih oleh sesosok makhluk seperti manusia, mukanya hitam legam bibirnya putih mengeringai menampakkan gigi taring yang panjang, lampu 10 watt yang tadinya menyala kini sudah padam, tangan dan kakiku terasa seperti dipegangi olah tangan-tangan kekar yang begitu kuat, aku mencoba untuk meronta sekuat tenaga, namun tak kuasa aku menggerakan tubuhku barang sedikit. Tapi aku tak mau menyerah, kukumpulkan tenagaku, kumeronta, meronta dan meronta, apa ini pikirku, apakah ini yang katanya sebangsa jin yang suka menindih anak manusia yang lupa baca doa sebelum tidur? Tapi ini kan pesantren, masak iya ada makhluk yang kayak gitu, dan akupun teringat pada cerita seram sebelumya. Akupun membaca surat Al-Ikhlas, tak mempan, kubaca surat An-Nas, tak mempan juga, kubaca ayat kursi, masih tetap tak ada perubahan, kubaca awal surat Al-Baqoroh ini setan sakti amat, dibaacain ayat Al-Qur’an kok ga ada takut-takutnya. Kemudian kutarik napas dalam-dalam, baunya, ya aku kenal bau ini, bau pasta gigi!! Dan tahulah aku kanapa ayat Al-Qur’an tak mempan, akhirnya kudiamkan badanku, kugerakkan dalam satu gerakan kejut. Lepaslah aku dari genggamannya…..

Bersambung....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I am sorry for anyone who access this site but expecting articles in english.

If you have question just post it on comment or to my mail.
Thanks