Sponsored by

Minggu, 03 Januari 2010

Electronik Control Unit

Electronik Control Unit adalah istilah umum untuk sistem benam pada sistem atau subsistem kendaraan bermotor. Istilah lain untuk ECU termasuk electronic control module (ECM), central control module (CCM), control unit, atau control modul. Secara keseluruhan sistem ini disebut komputer mobil. (Secara teknis bukan satu komputer tetapi beberapa komputer).

Jenis dari Electronic Control Unit diantaranya adalah :
  • Airbag Control Unit (ACU)
  • Body Control Module mengendalikan pengunci pintu, jendela, intensitas lampu, dll.
  • Convenience Control Unit (CCU)
  • Engine Control Unit (ECU)-jangan disamakan dengan electronic control unit, istilah umum untuk keseluruhan perangkat ini.
  • Man Machine Interface (MMI)
  • dan lain sebagainya.
Engine control unit (ECU), juga dikenal sebagai power-train control module (PCM), adalah salah satu electronic control unit yang mengatur jumlah bahan bakar, waktu pengapian dan parameter lain yang dibutuhkan oleh internal combustion engine agar tetap berjalan. Hal tersebut dilakukan dengan membaca nilai-nilai dari multidimensional maps yang berisi nilai yang berasal dari sensor yang memantau keadaan mesin.
Salah satu hal yang dikontrol oleh engine control unit adalah kontrol waktu pengapian. Pengapian membutuhkan percikan api untuk  memulai pembakaran di ruang bakar. ECU berfungsi untuk menentukan waktu yang tepat bagi percikan api untuk mendapatkan torsi yang lebih besar dan lebih ekonomis. Jika ECU mendeteksi ada ketukan, sebuah kondisi yang berpotensi merusak mesin, maka ECU memutuskan bahwa waktu pengapian terlalu awal pada langkah kompresi, ECU akan menunda waktu dari percikan untuk menanggulangi hal tersebut. Hal lain yang menyebabkan adanya ketukan adalah pengoperasian mesin yang berada jauh dibawah batas minimum RPM yang disarankan oleh pabrikan.
 ECU-ECU moderen menggunakan mikroprosesor yang dapat memproses sinyal masukan dari sensor mesin secara real time. Bagian utama dari ECU adalah chip mokrokontroler, yang didukung oleh komponen lain yang dibutuhkan oleh mikrokontroler untuk bekerja. Salah satu komponen yang dibutuhkan oleh mikrokontroler adalah EPROM atau memori flash untuk menyimpan program yang akan dijalankan oleh mikrokontroler. Dibawah ini adalah contoh gambar dari ECU.


 Disarikan dari :
Kulaih Dinamika Kendaraan
Oleh Dr. Ir. Endra Pitowarno, M.Eng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I am sorry for anyone who access this site but expecting articles in english.

If you have question just post it on comment or to my mail.
Thanks