Sponsored by

Jumat, 06 April 2012

Komunikasi Serial Dengan VB 6.0






Hasil Join





Beranda

Pendahuluan

Untuk melengkapi Tugas Akhir, saya diminta untuk mengkomunikasikan hardware saya dengan Komputer, perangkat yang bisa digunakan untuk komnikasi ini yang saya ketahui adalah dengan menggunakan komunikasi serial. Pada artikel ini perangkat konputer yang digunakan adalah komputer jinjing yang tidak memiliki perangkat komunikasi serial seperti pada komputer duduk. Dengan demikian maka agar dapat komunikasi serial dapat digunakan maka diperlukan perangkat komunikasi tambahan, yaitu perangkat yang dapat menterjemahkan data dari serial ke USB yang dikenal dengan USB to Serial konverter. Perangkat USB to Serial Converter yang saya gunakan adalah prolific 2303. Kemudian hasil komunikasi ini dibaca oleh Visual Basic (VB), VB yang saya gunakan adalah VB 6.0 dengan OS Windows7 Ultimate.



Pada project ini data serial dikirimkan oleh IC ATMega 16 melalui IC MAX232. Data yang dikirimkan adalah data yang belum dikuatkan dan data yang telah dikuatkan oleh IC LF351. IC LF 351 ini difungsikan untuk  memaksimalkan tegangan yang dihasilkan oleh potensio menjadi tegangan yang sama dengan tegangan referensi pada ADC ATMega 16.

Tujuan

Tujuan Project ini adalah untuk menganimasikan pada Visual basic data sudut yang diterima oleh ADC pada ATMega 16, yang mana sensor yang digunakan untuk mengukur sudut adalah potensiometer.

Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan untuk project yang saya buat ini antaralain adalah :
1. Komputer (saya menggunakan Komputer jinjing / Laptop).
2. Minsis ATMega 16, dengan tambahan MAX232
3. USB to Serial Converter
4. Potensiometer Linear.
5. Power Supply.
6. Rangkaian Penguat menggunakan IC LF 351.

Prosedur


Langkah yang perlu dilakukan pada project ini yaitu,

1. Rangkai peralatan diatas sesui dengan blog diagram dibawah ini.

2. Setelah dihubungkan buat Project pada VB, Seperti pada gambar dibawah ini.


3. Tambahkan Mictrosft Comm Control 6.0 (SP6) pada Components. Seperti pada gambar dibawah ini.


     Setelah MSComm control 6.0 di centang kemudian kllik apply, setelah muncul komponen seperti    gambar yang telah dilingkari merah, kemudian klik Close.


4. Tentukan Port komunikasi serial yang digunakan. Ini bisa dilakukan pada properties dari mscomm seperti pada gambar ddibawah ini.


5. Buka Port komunikasi serial. Untuk melakukan ini maka saya perlu menambahkan satu Command Button, dan membuka Portnya dari sini. Karena jika Portnya dibuka pada Form_Load() maka Laptop saya langsung Hang, Hardisknya langsung berhenti berputar, ditandai dengan matinya led indikator putaran hardisk. Programnya seperti sidabah ini.

Private Sub Command1_Click()
On Error Resume Next
If Command1.Caption = "CONNECT" Then
    Command1.Caption = "DISCONNECT"
        Comm1.PortOpen = True
        Timer1.Enabled = True
        Label1.Caption = "Port Open"
    Else
    Command1.Caption = "CONNECT"
        Comm1.PortOpen = False
        Timer1.Enabled = False
        Label1.Caption = "Port Close"
        Shape1.BackColor = vbRed
        Label4 = 0
        Label5 = 0
        Label6 = 0
End If

End Sub

6. Tentukan treshold data yang masuk. Untuk menentukan data treshold dapat diketahui dari data yang dikirimkan. Pada kasus ini saya mengirimkan 13 data, yaitu s4data4data. Dengan demikian maka data yang dikirimkan sebanyak 13 data, yaitu satu karakter 's' 8data dan 3 spasi.

7. Pisahkan data sesuai dengan yang dikirim. Caranya adalah dengan mengidentifiasi data yang ada di sebelah kiri kemudian identifikasi data setelahnya, dan masukkan data tersebut pada variabel yang diinginkan. Pemisahan ini dilakukan pada sub komunikasi oncomm, programnya adalah:

Private Sub Comm1_OnComm()
Dim datamasuk As String
Dim kiri, head As String

On Error Resume Next
If Comm1.CommEvent = comEvReceive Then
    datamasuk = Comm1.Input
    Shape2.BackColor = vbGreen
Else
    Shape2.BackColor = vbYellow
End If

Text1.Text = datamasuk
Label9 = Comm1.InBufferCount

kiri = datamasuk
head = InStr(kiri, "s")
If Left(kiri, 1) = "s" Then
    data1 = Mid(kiri, head + 2, 1)
    data2 = Mid(kiri, head + 3, 1)
    data3 = Mid(kiri, head + 4, 1)
    data4 = Mid(kiri, head + 5, 1)
    data5 = Mid(kiri, head + 7, 1)
    data6 = Mid(kiri, head + 8, 1)
    data7 = Mid(kiri, head + 9, 1)
    data8 = Mid(kiri, head + 10, 1)

End If
Label12.Caption = "data1 = " & data1
Label13.Caption = "data2 = " & data2
Label14.Caption = "data3 = " & data3
Label15.Caption = "data4 = " & data4
Label16.Caption = "data5 = " & data5
Label17.Caption = "data6 = " & data6
Label18.Caption = "data7 = " & data7
Label19.Caption = "data8 = " & data8

        adc1 = data1 & data2 & data3 & data4
        adc2 = data5 & data6 & data7 & data8
       
Text2.Text = "Data masuk = " & adc1 & " " & adc2
End Sub

8. Tampilkan data. Pada program diatas data telah ditampilkan pada teks2 dan pada label 12 hingga label 19

9. Buat animasi untuk data yang telah diterima. Program untuk animasi ditempatkan pada sub timer. programnya adalah :

Line1.X1 = 8300
Line1.Y1 = 5100
Line1.X2 = 8300 + (3500 * Sin(sudut1 / 180 * pi))
Line1.Y2 = 5100 + (3500 * Cos(sudut1 / 180 * pi))

Line2.X1 = 8300
Line2.Y1 = 5100
Line2.X2 = 8300 + (3500 * Sin(sudut2 / 180 * pi))
Line2.Y2 = 5100 + (3500 * Cos(sudut2 / 180 * pi))

Line 1 untuk data adc yang tidak dikuatkan, sedangkan line 2 untuk data adc yang telah dikuatkan.

Hasil Percobaan

Pada percobaan pertama, saya membuka Port komunikasi saat form load, dan hasilnya seperti yang telah saya utarakan diatas, Laptop saya menjadi Hang dan hardisknya berhenti berputar. Beberapa waktu kemudian saya bertanya pada teman saya Bachtiar, yang pernah melakukan project yang sama, namun dia menampilkan komunikasi dari QuadCopter. Kemudian saya mempelajari program yang telah dia buat dan berhasil membuka port, namun tidak ada data yang diterima. seperti pada Video dibawah ini.

Kemudian saya mencoba menulis kembali program yang sebelumnya dengan menghilangkan On Error Resume Next, dan membaca sumber-sumber lain. Kemudian Errornya hilang tapi data yang diterima tidak bisa dibaca, muncul error yang baru, yaitu error 8020, yang intinya error saat membaca piranti comm. seperti pada video dibawah ini.
Saya berpikiran mungkin cara membacanya yang salah, sehingga saya mengubah cara membacanya, seperti pada video dibawah ini,
Namun masih tetap error, kemudian saya membaca di Sini, SiniSini dan beberapa forum yang saya buka dari google dengan keyword "Run time error '8020' : Error reding comm device". Setelah membaca dari forum tersebut saya coba untuk mengupdate driver USB to Serial milik saya, saat itu drivernya versi 3.0 kemudian saya update ke versi 3.3 dan jadinya adalah sebagai berikut :
Video diatas sudah lengkap dengan animasinya. Saya lupa untuk mendokumentasikan saat data pertama kali dapat dibaca, dan cara membacanya lebih simple dari contoh yang saya baca, cara untuk membaca datanya adalah : datamasuk = MSComm1.Input dan data masuk bertipe string. Pada video diatas saya juga telah memisahkan data yang diperoleh satu-persatu. Namun saat mellihat animasi saya merasa perlu untuk menambahkan nilai pada garis penanda (garis putus-putus) sehingga dapat diketahui posisi jarum berada pada posisi sudut berapa derajat. Garis berwarna merah adalah sudut dari data yang telah dikuatkan, dan garis berwarna biru adalah sudut dari data tanpa penguatan. Dibawah ini adalah Videonya.
Pada Video diatas saya juga menambahkan Chart untuk data yang tidak dikuatkan. Dan penunjuk untuk mengetahui posisi jarum sekarang berada dimana. Demikian dari saya semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau anda tertarik untuk mempelajarinya silahkan komen atau silahkan kirimkan e-mail pada alamat e-mail saya diatas. Silahkan Download VBCodenya Di Sini (Google Drive)
Mohon maaf jika ada kekurangan.

166 komentar:

  1. Gan, saya tertarik dengan artikelnya. bagus sekali.
    boleh minta save dari coding mpe simulasinya kan??
    kirim ke email ini yak... elromi18@gmail.com
    thanks before

    BalasHapus
  2. Udah gan, silahkan di cek. tapi di edit dulu yah. tuh program baru ketemu.

    BalasHapus
  3. Bagus sekali artikelnya gan.
    Boleh minta codingnya & simukasinya kan??Soalnya butuh refernsi buat tuags kuliah nih...
    kirim ke email ini ya gan...ichsan.capricorn@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Sudah dikirim gan... silahkan dicoba... mudah2han bermanfaat.

    BalasHapus
  5. mas bagaimana mendapatkan data integer dari vb??
    saya kan pakai ATmega16 untuk mengitung kecepatan motor dc, dalam bentuk int rpm; kemudian saya tranfer lewat serial dengan perintah
    printf("%d\n\r",rpm) rpm dapat ditampilkan tetapi tidak bisa dilkaukan perhitungan apalagi di buat grafik..
    bagaimana ya mengubannya kembali jadi integer ya mas

    saya juga boleh minta source vb diatas?
    makasih

    BalasHapus
  6. di atas kan ada tuh proses pemisahan data, yang ini:
    kiri = datamasuk
    head = InStr(kiri, "s")
    If Left(kiri, 1) = "s" Then
    data1 = Mid(kiri, head + 2, 1)
    data2 = Mid(kiri, head + 3, 1)
    data3 = Mid(kiri, head + 4, 1)
    data4 = Mid(kiri, head + 5, 1)
    data5 = Mid(kiri, head + 7, 1)
    data6 = Mid(kiri, head + 8, 1)
    data7 = Mid(kiri, head + 9, 1)
    data8 = Mid(kiri, head + 10, 1) --> ini maksudnya, data8 = nilai yang ada di tengah(diawali dengan header "s", awalan + 10 karakter, lebar data adalah 1), jadi setiap data itu mengandung 1 karakter.
    nah data-data yang terdiri dari 1 karakter tadi digabung jadi satu, misalkan data 1-4 digabung, maka harus ada variabel penampungnya. contoh:
    dim variabel_penampung as integer

    variabel_penampung = data1 & data2 & data3 & data4
    jadi deh itu data bisa diubah...
    kalo mau sourcenya, kirim email aja...

    semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah mas, setelah ku baca seksama sourse diatas ku bisa mebaca data dari maka nilai ku apit dengan huruf s diawal dan p diakhir,

    sebenarnya ku masih belum paham rtreshol dan len, tapi saya beri 12 masing masing karena data maksimal ku 3500 rpm.
    sekarang lagi cari referensi untuk mengirim output PID dari vb ke MK, kalau ngirim itu bisa bilangan koma juga ya mas?

    minta tolong di kirimkan source sampean ke email pen43x@yahoo.com

    BalasHapus
  8. yang penting itu awalnya saja kok, yang akhir q ga tau gunanya apa... tapi awalan "s"nya itu penting untuk menandai awal data agar bisa dipisah dan di ubah ke integer atau yang lain...

    kalo untuk ngirim data keluar dari VB, q belum belajar... jadinya ga tau deh mau komen apa... jadinya tak doain aja agar kamu bisa dapet sumber yang tepat...

    source codenya udah tak kirim kok...
    silahkan dipelajari dan mudah2han bermanfaat...

    BalasHapus
  9. mas, kalau di atmeganya sendiri gmn tuh mas? kebetulan lagi bikin tugas akhir untuk menampilkan hasil bacaan ADC ke komputer jg... cuma masih bingung gimana ngirim data ke komputernya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu udah bisa programnya? kamu mrogram ATmeganya pake apa? kalo CVAVR tinggal di "printf" aja. kesulitan kamu kayak gimana?

      Hapus
  10. menarik sekali artikelnya mas.
    Boleh minta form projec+codingnya & simulasinya kan??Soalnya butuh refernsi buat tugas akhir kuliah saya nih...
    kirim ke email ini ya mas
    gmaulana23@gmail.com
    nuwun mas sebelumnya :D

    BalasHapus
  11. sudah dikirim...
    silahkan dipelajari...
    semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  12. mas Andi , sya juga minta ilmunya( coding dan simulasinya).
    makasih.
    azizmetronet@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipelajari dulu ya... cocokkan sendiri dengan keperluan kamu...

      Hapus
  13. mas andi boleh bagi coding dan simulasi tdk..sy jg baru bljar vb ni mas.di kirim kesini y mas irawanc66@gmail.com.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim silahkan dipelajari... kalo ada kesulitan silahkan tanya... Insya Allah saya jawab...

      Hapus
  14. mas saya sedang cari artikel yang mas bahas. Kalau boleh ane minta coding dan simulasinya. Tolong dikirim ke email ane kanip_fis@yahoo.com. maksh sblnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya kirim, mudah-mudahan bermanfaat.

      Hapus
  15. Pagi mas Andi...saat ini saya sedang belajar VB, kalo boleh minta dikirim sourcecode dan simulasinya. Mohon dikirim ke rustamierus@gmail.com. Terima kasih atas sharing ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah tak kirim, mudah-mudahan bermanfaat...
      maaf kalo agak lama, kemarin ga sempet OL...
      :)

      Hapus
  16. Mas Andi, saya sedang belajar vb dan mikrokontroler untuk Tugas Akhir..
    kalo boleh minta dikirim sourcecode dan simulasinya.
    Mohon dikirim ke
    mochamad_widyanto@yahoo.co.id
    atau
    mochamadwidyanto@gmail.com

    Terima Kasih atas ilmu yg sudah d share ny.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim...
      maaf kalo agak lama... baru bisa online soalnya... komentar yang udah dikirim masih menunggu moderasi via e-mail saya, jadi saya tinggal cek e-mail aja, untuk memudahkan dan menyegerakan memberi balasan atas komentar yang masuk... saya belum sempat update blog soalnya...
      maaf atas ketidaknyamananya, kalo ada kritik ato saran, monggo disampaikan....
      :)

      Hapus
  17. Saya Tertarik dengan artikel anda setelah sekian lama searching di eyang google, akhirnya ketemu juga komunikasi serial dengan visual basic, gan pertanyaan ane bisakah nih diterapkan di Xbee pro wireless buat control jarak jauh n programnya sperti apa? buat control sekitar 6 tombol(6 control),...

    BalasHapus
  18. Selama komunikasinya seraial bisa mas bro, cara nerimanya seperti program diatas. kalo detailnya ane belum pernah coba... temen ane pernah bikin untuk quadcopter. secara general untuk VBnya sama, tinggal nambahin dg program yang ente pengen kembangin... kalo kontrolnya via VB ane ga tau gan, yang ane tau praogam yang d VB semacam kayak display aja...

    BalasHapus
  19. permisi pak... update driver 3.3 dapatnya dmna?? bs diminta pak???tq

    BalasHapus
  20. Permisi pak... update driver serial nya dapat dmn ya??? bs d minta gak??? mohon pencerahnya pak... :D

    data saya menggunakan W7 tak nampak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, drivernya lupa tak taruh dimana... hardisk ane udah di-back up... tanya mbah google ada kok, ato ke website produsen serialnya... ane pake prolific... banyak yang bahas kok kalo prolific...
      :)

      Hapus
  21. mas, mau tanya gmn caranya memberi perintah dari vb pada mikrokontroler atmga 8535 untuk memilih proses yang kita inginkan? saya pake perintah getchar pada mikrio tapi kgk mau diperintah lge setelah dikasih perintah sekali "dia bandel"
    dan
    mas, minta source codenya dong mas yang ini dan lok kgk kberatan yang program receiver di mikronya juga hehehe. tugas akhir saya mirip2 mas. ini email saya, mas sferdi@ymail.com

    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah di getchar, coba ditampilkan ke LCD dulu mas bro... kalo udah tampil, berarti datanya udah sampe. nah biar bisa dilakukan eksekusi perintah yang lain dari data yang didapat, maka data itu harus dikonversi dulu ke bentuk integer ato data yang lain yang sesuai dengan deklarasi data pembandingnya... kalo receiver mikro ane ga punya mas bro, cz ane cuma bikin mikro yang transmitter aja...

      Hapus
  22. wah menarik sekali ni mas postingannya mirip2 dengan tugas akhir saya

    mas mau tanya, jika kita ingin memberi perintah ke mikrokontroler dari vb 6 untuk memilih menghidupkan relay dari tiga kondisi gmn ya mas programnya?

    dan boleh minta codingnya mas untuk yang Komunikasi Serial Dengan VB 6.0 ni email saya mas sferdi@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya minta maaf dulu karena untuk komunikasi serial dari VB ke mikro saya belum coba. kalo kondisi untuk menghidupkan relaynya tidak banyak, mungkin bisa lebih mudah mas bro, ngakalinya dengan memberikan "logika" atau karakter tunggal yang mudah diterjemahkan oleh mikro, misal, karakter 'a' untuk relay 1, dan karakter 'b' untuk relay 2, kalo terima 'a' 'b' untuk relay 1 dan 2. mungkin bisa begitu. tapi sekali lagi saya belum mencoba untuk komunikasi serial, kalo komunikasi jenis lain sih udah. untuk pengecekannya coba aja tampilkan d LCD dulu data yang ditangkap oleh mikro. baru kalo udah bisa tampil dilakukan hal yang lain. sebab kalo untuk menampilkan di LCD kan bentuk datanya "char".

      Selamat mencoba dan semoga berhasil...
      :)

      Hapus
  23. luar biasa .. saya biasa pake delphi7 tapi seperti'a untuk tranfer data sudah terbiasa pake VB..
    boleh minta koding'a . buat saya belajar di vb.6.. terimakasih...

    dedelukman.hakim@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dikirim mas bro... silahkan dicoba...

      Hapus
  24. Sepertinya saya butuh bantuan mas, saya tertarik dengan grafiknya.
    boleh minta coding VB nya..
    terima kasih
    redbridge.yk@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah sy kirim,terimakasih semoga bermanfaat

      Hapus
  25. bgus bgt postingannya....
    tapi msih kurang paham saya gimana baca scriptnya
    sya mo curhat dlu ya mas...
    saya butuh 8 buah comnbtn untuk mengotrol alat
    gimana bkin coding di masing2 btn nya???
    trus converter kan cuma ada 5 port output, gimana cara bacanya di MC ???
    boleh minta tutorial sama contoh script port serial di vb ga mas??
    krim ksni ya mas "kaybisra@gmail.com"
    trima kasih trlbih dahulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah kirim codong programnya.
      maaf sebelumya, yang anda maksud dengan "gimana baca sriptnya" itu di bagian yang mana?
      kalo coding combtn, ya codingnya di masing-masing sub combtn tersebut.
      MC itu apa? maaf saya tidak mengenal MC hehehe...

      ini dulu dari saya, maaf jika jawaban saya kurang berkenan.

      Hapus
  26. mas , minta mentahan program vb bisa , ?
    kebetulan saya lagi butuh referensi untuk bikin grafik nilai dari mC

    bobbysurya16@yahoo.co.id

    terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim. Silahkan dipelajari. mudah-mudahan bermanfaat.

      Hapus
  27. mas, boleh minta soucecodenya buat belajar nih.. lagi tertarik ma atmega

    alamat email ku scabimite@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim...
      silahkan dipelajari...

      Hapus
  28. mas saya boleh minta sourcecode dan projectnya gak?saya lagi mengerjakan tugas akhir mengenai mikrokontroller dan vb
    terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja... alamat e-mailnya mana?

      Hapus
    2. maaf mas kelupaan hehehe
      oki.handinata@gmail.com
      terima kasih sebelumnya mas...

      Hapus
    3. Sudah saya kirim... Silahkan dinikmati...
      ^_^

      Hapus
  29. saya lagi belajar vb mas. yg punya mas ini bagus banget. boleh saya minta dikirimi coding & simulasi nya mas ?
    indros4014@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim bro... terima kasih udah dibilang bagus... ^_^

      Hapus
  30. mas, apa boleh saya minta source code sama simulasinya?
    buat referensi kuliah nih. hehe
    hafydhz@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dikirim mas bro... silahkan dipelajari.... mudah-mudahan bermanfaat....
      :)

      Hapus
  31. bro, tolongin ane dong. ane dah bikin proyek tapi hasilnya belum sempurna. tolong di koreksi.
    sudah ane kirim email

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas bro, kalo butuh cepet ane belum bisa, soalnya laptop ane lagi ngambek... baru bulan depan Insya Allah bisa ane benerin... ane lagi pake laptop punya kantor, jadi ga brani instal VB....

      maaf ya...

      kalo mau coba ceritain aja masbro, ato biar lebih enak, bikin di word skalian sama di-print screen, jadi ane bisa tau masalanya dimana, + ente critain masalahnya gimana, Insya Allah ane coba buat bantu...

      Hapus
    2. intinya. bikin data dari comport jadi grafik. itu data dah bisa masuk. cuma ane bingung caranya bikin grafik.

      Hapus
    3. coba di pisah dulu datanya, setelah itu tampilkan data yang telah dipisah di Text ato label.. kalo sudah bisa tampil baru deh coba bikin grafik. bisa pake ms chart. stepnya udah ada diatas kok. coba cek chart properties-nya dulu.

      Hapus
  32. postingan bagus gan
    nice blog
    gan boleh minta form projec+codingnya & simulasinya buat belajar gan
    erwinagungs@gmail.com

    BalasHapus
  33. nice posting gan
    gan minta source code n fromnya gan
    pengen belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ane kirim gan... silahkan dipelajari... mudah-mudahan bermanfaat..

      Hapus
    2. thanks gan
      oh iya mau tanya tau gak gan cara kontrol motor servo dengan menggunkan vb6.0 (komunikasi vb to microkontroller)

      Hapus
    3. wah, belum pernah coba gan kalo yang dari VB ke mikro.

      Hapus
  34. gan kalo boleh saya mau mempelajari source codenya juga, kebetulan ada tugas buat ginian. kirim ke fahmoy@gmail.com ya, tenkyu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dikirim gan... maaf kalo komennya baru muncul... lagi sibuk ane...
      :)

      Hapus
  35. salam kenal mas ,saya tertarik membaca artikel anda. kalau boleh saya minta tutor dan contoh nya program vb nya, saya lagi menyelesaikan TA prinsipnya seperti yang di atas. mohon di kirim ke alamat email : gentapati_03@yahoo.com terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.... Boleh kok, sudah saya kirim.

      Hapus
  36. mantap....
    sangat berguna...

    boleh minta source codes nya gk mas?
    kalo boleh, kiri ksni ya mas...
    redi_andesta@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya boleh donk... udah dikirim mas bro...

      Hapus
  37. Pas sekali artikelnya mas dengan TA saya. Bole saya minta source codenya mas...
    kosuke_ikaru@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dikirim mas bro... silahkan dipelajari.

      Hapus
    2. Makasih mas......
      Moga ilmunya makin bertambah dan bermanfaat

      Hapus
    3. Makasih mas......
      Moga ilmunya makin bertambah dan bermanfaat

      Hapus
  38. Menarik sekali mas, saya belajar pakai delphi. Ingin coba pakai vb, saya boleh minta source lengkap project vbnya juga mas? email : admin@khalidahmad.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim mas bro... silahkan dipelajari, mudah-mudahan bermanfaat..

      Hapus
  39. bagus bermanfaat mas. saya msh blajar Vb (pmula), brsyukur bs ketemu smpean. jd bs tmbh refrensi.
    saya boleh minta source lengkap project vbnya juga mas? email : kholid.jblas@yahoo.com
    mkasih bnyak ilmuny :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim... mudah-mudahan bermanfaat...

      Hapus
    2. Menarik skali artikelnya gan......boleh minta source project lengakpnya gan? zandrizander@gmail.com

      Hapus
  40. mas kalo saat VB transmit data apa ga bisa receive dataserial di saat yang bersamaan? soalnya saya mengendalikan alat lewat joystick, saat joystick belum di aktifkan dia bisa nerima input dataserial dari sensor, tapi saat joystick di aktifkan data dari sensor(input dataserial) berhenti.

    mohon bantuannya
    email saya anitafitrizia@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek sekuen program yang kamu buat, kalo modelnya loop mungkin terhenti di tengah sebab ada proses yang masih berjalan, coba konsultasikan dengan dosen pembimbing (Kalo ini TA), kalo kamu bisa coba program model real time ato program yang berbasis interrupt.
      mohon maaf, saya masih belum sempat untuk utak-atik prtogram...

      Hapus
  41. alhamdulillah mas. bermanfaat bnget. :D matur suwun

    BalasHapus
  42. saya masih bingung mas...=D
    data dari mikrokontrollernya gimana (saya juga pake CVAVR)dan teknik pemisahan data diatas saya masih bingung. mohon berkenan memberikan sourcecodenya

    iwan_lmj@yahoo.com

    BalasHapus
  43. alhamdulillah akhirnya ada ilmu lagi....insya berkah!!!
    saya sedang membuat data logger VB6 dengan sensor suhu LM35...saya lagi pusing pada pengiriman data dari mikro secara paket seperti yg d jelaskan d atas & masih mempelajari artikel d atas.....

    mohon mz andy membimbing saya.....trims

    iwan_lmj@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya baru bisa Online...
      source codenya udah saya kirim, mudah-mudahan bermanfaat...

      Hapus
    2. mas boleh minta sourcekode avr sama VBnya ke email agustritugiyanto..
      saya juga Tugas Akhir mengenai penampilan data di visualbasic

      Hapus
  44. Permisi mas saya lg buat program vb buat tugas akhir mas dan kurang lebih mirip dng artikel yg dibahas, boleh minta source codenya gak mas ke ari_hartanto89@yahoo.com,
    Makasih mas...

    BalasHapus
  45. boleh minta source project vbnya, mas? email :daveblackk84@gmail.com

    BalasHapus
  46. mas andi, saya buat dongle dengan mikro ATTiny 2313, tp untuk memanggil kode yg sudah saya simpan di mikronya bgmana ya ? saya jg menggunakan vb.06, apa mas andi tau sourcodenya ??
    email: Nunu.tigis@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo source codenya aq ga punya... punya yang ini hanya menampilkan data saja, kalo seperti yang kamu minta q belum pernah coba...

      Hapus
  47. mas..kalau mau kirim sebuah karakter,,misalkan 'A' pada button,,bagaimana codingnya mas?kirim ke email saya ni khalifatul4min@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya agk kurang ngerti, ini kirimnya dari mana ke mana?
      contoh, kalo mau kirim dari mikro ATMega ke VB, caranya ya sama seperti kalo mau nampilin data di LCD ato pake komunikasi serial ke CVAVR. kalo dari VB, saya belum pernah coba...
      mohon maaf, saya sekarang belum sempet buat bereksperimen..

      Hapus
  48. mas andi, saya tertarik dengan postingnya kebetulan juga lagi belajar...
    boleh minta contoh programnya mas? bisa dikirim ke email saya predh91@gmail..com

    BalasHapus
  49. ini dia.. aku juga minta dikirim contoh programnya mas.. mau belajar.. nonongasholole@gmail.com

    BalasHapus
  50. Eh ya, buat temen-temen yang pengen minta sourcodenya, tapi ga mau ngasih alamat e-mail di sini, langsung ke alamat e-mailq ajah...

    BalasHapus
  51. siang gan, saya tertarik tentang artikel yang mas buat. kebetulan skripsi saya tentang visualisasi alat uji tarik nih, saya pakai mikrokontroler sebagai pengolah data dan sebagai komunikasinya secara serial. saya ingin buat visualisasi hasil alatnya ke grafik gui. kira" sama tidak dengan yg mas buat? saya masih newbie vb nih. mohon bantuannya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sama, ini kan mengolah data serialnya saja, namun kalo datanya langsung di transfer ke VB dan langsung dibaca oleh VB seperti pada post ini kemungkinan ada data yang hilang. jadi saran saya jika ingin semua datanya ditampilkan datanya ditampung dulu seperti pada post http://makhlukcerdas.blogspot.com/2012/11/mengolah-data-serial-dengan-vb-60.html
      namun ini juga memilki kekurangan, yaitu jika datanya terlalu banyak, maka pembacaannya jadi lebih lambat di VBnya. jadi pilihannya ada tiga yaitu:
      1. menggunakan kamunikasi langsung sama seperti ini, tapi pengiriman data dari mikronya jangan terlalu cepat.
      2. menggunakan metode pengolahan data serial seperti pada link diatas, dengan kekurangan yang sudah saya sebutkan.
      3. menggunakan metode seperti pada link diatas, dengan menambahkan fitur penghapusan data pada temporary files yang berbentuk *.txt. caranya: saya belum pernah coba.

      Hapus
  52. siang gan..saya rico.
    kasus kita hampir sama neh.cuma saya baca sini sana tetep buntu.hehehehe
    saya jalankan program VB yang saya bikin di XP baca data serialnya baik2 saja. tapi pas pindah ke 7 jadi error juga.
    kalo bisa link donload nya tu driver USB to serial yang 3.3 dong gan.
    sekalian source code juga deh..buat perbandingan..
    email ane aurura.tech@gmail.com
    makasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, ane baru bisa ke warnet..mudah-mudahan bermanfaat.

      Hapus
  53. Menarik sekali mas, saya boleh minta source lengkap project vbnya juga mas? email : sirait_ferry@yahoo.com

    BalasHapus
  54. menarik sekali mas artikel nya, saya boleh minta coding sama simulasinya
    email:christomy@yahoo.com
    trimakasih sebelum nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dikirim...
      mudah-mudahan bermanfaat...

      Hapus
  55. Blognya bagus n bermanfaat mas.
    bisa nambah ilmu :)
    kalo boleh minta source lengkap project vb sama avr nya juga mas?

    email : blackbeard541@gmail.com

    makasih bnyak ilmunya :)

    BalasHapus
  56. setipe saya proyek yang sedang saya kerjakan,.. data adc sensor saya br bisa baru bs ditampilkan di lcd, blh minta codingnya?..soalnya hasilnya juga mesti ditampilkan di pc, saya masih awam interfacing soalnya.
    email: winamp.winn@gmail.com

    BalasHapus
  57. boleh minta source kodenya/ listing programnya.., saya baru bisa menampilkan data adc di lcd,..tapi untuk interfacing ke pc (dengan vb) nya belum bisa. email : winamp.winn@gmail.com

    BalasHapus
  58. saya tertarik dengan artikel anda, kebetulan saya juga berencan buat tugas akhir yang modelnya seperti ini
    boleh minta file lengkapnya ?
    coding vb nya ?
    email : pramastya.naluri@gmail.com
    makash ya :)

    BalasHapus
  59. Keren om artikel nya.. mohon dibagi coding sorce nya dan ilmunya ya om..
    wisnusuhoko@yahoo.co.id
    terimakasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
  60. Mas saya mau menyelesaikan projek interfacing.. boleh minta source codenya kirim ke email saya dhanyupy@gmail.com... maksih mas... :)

    BalasHapus
  61. Gan saya boleh minta source codenya ?
    saya sedang mengerjakan tugas projek interfacing menggunakan visual basic
    email saya dhanyupy@gmail.com
    ..terima kasih :)

    BalasHapus
  62. mas, minta program vb sm sourcenya ?
    prof.sihirhujan@gmail.com
    buat belajar
    oiya,klw komunikasi serial dgn laptop harus ada max32 sm usb ttl ya (sepaket)?klw tanpa usb ke ttl bisa nggak?

    BalasHapus
  63. artikel yang sangat membantu gan,,,
    mas saya mau buat Tugas Akhir tentang penentuan sudut azimuth sama elevasi antena parabola. saya bingung mas untuk komunikasinya saya dengan mikrokontroller, sama perhitungan rumus azimuth dan elevasinya saya bandingkan sama dweb hasilnya beda,,,padahal sudah saya kalikan dengan pi/180.
    terima kasih gan,,,

    BalasHapus
  64. Ya Tuhan, kayak pencerahan banget bisa masuk blog ini :) Saya dari tadi ngube-ngubek nyari apa yg saya mau susah dapatnya, dan akhirnya ketemu.
    kebetulan saya disuruh membuat hal serupa, tapi saya bingung cara menghubungkan dari mikon ke vb.
    Boleh minta simulasi beserta codingnya, mas? sebagai referensi saya. maklum, saya agak newbie, kalau ga ada contoh saya kurang bisa memahami.
    email saya: mpebri.aryanti@gmail.com
    Terima kasih mas ^^

    BalasHapus
  65. Mas bsa kirim ke imail saya presiden.jail@gmail.com
    Soalny saya mau blajar

    Projek saya beda tipis sama mas

    Makasi sebelum nya

    BalasHapus
  66. kang sy masih awam dengan pemrograman VB, mohon code dan simulasinya kalau ada ke riawan17@gmail.com

    BalasHapus
  67. tolong dibantu ya mas,,,ini email saya gandes.bekpho@gmail.com

    BalasHapus
  68. Sangat bagus gan jadi pengen tau hasilnya bisa di kirim ga ya => arabendez@gmail.com

    BalasHapus
  69. mas kebetulan saya dapet tugas yang sejenis. saya sudah bisa mengkoneksikan mikro saya dengan interfacenya tapi saya belum bisa mengambil nilai ADC nya. bisa minta simulasi sama codingannya ke email sy.
    email: irwinandasatria@yahoo.co.id
    makasih mas

    BalasHapus
  70. sama seperti yang lainnya mas nubie, boleh minta save dari coding mpe simulasinya kan??
    email saya : ubi.bakar@gmail.com terimakasi byk mas

    BalasHapus
  71. mas minta tolong dikirimi dong k email q azil_man@yahoo.co.id

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  72. wehhhh enarik sekali ni bos
    minta coding simulasinya bosss...modotzprakoso@yahoo.com.....trimakasih

    BalasHapus
  73. minta coding nya bos modotzprakoso@yahoo.com

    BalasHapus
  74. seperti yang lain juga mas, bisa kirim Source Code nya ke email saya dani.adianto@gmail.com
    trimakasih mas.

    BalasHapus
  75. aslm
    boleh dikirim file.a gan ke asyraf.hamdi@gmail.com

    BalasHapus
  76. mas, kira2 kalo untuk ditampilkan di lcd bagaimana ya codenya mas???
    Jadi, dari visual basic mengirimkan sebuah data(disini datanya berupa koordinat soalnya pembacaan dari sensor kompas), dan data dari vb tersebut harus sama dengan keluaran pada tampilan lcd..???
    mohon penjelasannya..
    via email juga boleh alez.sangalang@gmail.com

    BalasHapus
  77. To All:
    Maaf ya, saya baru bisa online lagi...
    untuk source code program diatas sudah saya sediakan link downloadnya, silahkan download. source code diatas masih dipengaruhi oleh beberapa aplikasi plugin, jadi sebelum dijalankan adit dulu yah...
    :)

    BalasHapus
  78. Bang boleh minta source codenya tidak?
    kalau boleh kirim email saya ya bang
    zulfiqar.muhammad93@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya sediakan link downloadnya d atas bro, jadi g perlu minta lagi.... kalo saya g bisa online kl ada yang butuh g perlu nunggu di kirimin...

      Hapus
  79. Mas, saya boleh minta coding nya tidak? karena saya coba dowload dari link nya tidak bisa mas. alamat email saya : abednego.tarigan@gmail.com.
    Terumakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa koq, itu pake google drive.... ya, saya kirim deh...

      Hapus
  80. Gan, saya tertarik dengan artikelnya. bagus sekali.
    boleh minta save dari coding mpe simulasinya kan??
    klo bisakrim ke email saya mas.,., zainy.nasti@gmail.com
    soalnya download dri google drive gabisa gan.
    trima kasih sebelumnya gan.,.,

    BalasHapus
  81. gan ane boleh minta code sama simulasinya?
    tolong kirim ke rosyidahulagrace@gmail.com

    tengkyu gan

    BalasHapus
  82. mas boleh mnta codingnya kbetulan ane lagi belajar itu juga
    kalo boleh kirim ke silman.nugraha66@gmail.com

    BalasHapus
  83. Gan, boleh minta code sama simulasinya ? karena untuk menampilkan grafik secara serial program saya masih eror,

    tolong kirim ke gillygila@gmail.com

    terima kasih gan

    BalasHapus
  84. Mas.. bleh saya minta codingx?? saya lagi belajar buat grafik di VB.., septrialikardo3@gmail.com

    BalasHapus
  85. Mas minta code sama simulasinya ya,

    Sy lg ngerjakan tugas akhir & pake software VB.

    ini alamat email saya : nurhadi.ginanjar.k@gmail.com

    Terima kasih banyak mas.

    BalasHapus
  86. Mas, boleh minta code sama simulasinya..

    Kebetulan tugas akhir saya menggunakan vb, dan saya newbie.

    alamat email saya : nurhadi.ginanjar.k@gmail.com

    mohon bantuannya.

    terima kasih mas.

    BalasHapus
  87. Maaf gan.
    ada yang tau bagaimna cara menngunakan 2 jalur komunikasi serial ?

    BalasHapus
  88. mas, salam kenal..
    q minta bantuanx..q mw ngirim nilai kecepatan dr mikro ke laptop untuk nampilin grafik kecptn vs time di VB..mw liat respon PID pd alatq mz..
    klo bleh, mnta source codex mz..
    takul.rasisz@gmail.com
    trima ksh

    BalasHapus
  89. Mas bisa minta code sampai simulasinya?soalnya buat skripsi om.

    memedst@gmail.com

    Makasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  90. gan bisa minta code sampai simulasinya?buat nugas besar

    rachmadady.xiipa04@gmail.com

    Makasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  91. Mas Andi, saya sedang belajar vb dan mikrokontroler untuk Tugas Akhir saya..
    kalo boleh minta dikirim sourcecode dan simulasinya.
    Mohon dikirim ke
    abridmadilantoro@gmail.com

    Terima Kasih atas ilmu yg sudah di bagi :D

    BalasHapus
  92. sangat menarik karyanya mas, boleh share ilmunya nih,,skema rangkaian Penguat menggunakan IC LF 351 masih ada mas?klw USB to Serial Converter pakai tipe apa?trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, udah ilang semua datanya.. hardisk yang memuat seua data TA udah keok... kalo saya ga salah inget siy, LF 351 itu untuk membuat tegangan DC dari Suplly menjadi lebih stabil, sehingga dengan load yang berbeda tegangan tidak drop terlalu banyak sehingga mengganggu kestabilan Vref pada ATMega dan pengukuran tegangannya kacau. akibtanya pembacaan data tidak stabil. kalo skemanya sih saya dulu cari dari datasheet trus sama sumber lain dari mbah google..

      maaf tidak bisa banyak membantu..

      Hapus
  93. gan mohon pencerahanya soal run time error, VB sya waktu tak play muncul trus peringatan run time error 8020. suwun gan.

    BalasHapus
  94. gan mohon pencerahanya soal run time error, VB sya waktu tak play muncul trus peringatan run time error 8020. suwun gan.

    BalasHapus
  95. gan mohon pencerahanya soal run time error, VB sya waktu tak play muncul trus peringatan run time error 8020. suwun gan.

    BalasHapus
  96. Mas bsa kirim ke imail saya hamdanharis32@gmail.com

    saya masih belajar
    makasih mas

    BalasHapus
  97. mas boleh minta softfile nya buat belajar2 maklum msih newbie
    :) xsinner_fund@yahoo.com
    thank before

    BalasHapus
  98. Keren gan, Boleh nggak minta cood arduino + VB nya. untuk refrensi TA gan.
    Buat kontrol n monitoring ruang iklim. trmksih.

    Kirim email: alizainal93@gmail.com

    BalasHapus
  99. Gan saya minta coding VB nya, butuh banget.
    kirim email : londonblue32@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://drive.google.com/file/d/0B8I8fm0kTiM9Znd0TzZTZ2hHQVFGWHZNM3RpMEJkSHBKRGk4/edit?usp=sharing

      silahkan....

      Hapus
  100. mas mau nanya.. yg diatas kan koneksinya menggunakan port serial, kalau pakai wireless bisa g mas, mengkoneksikan dari mikrokontrolernya ke vb.? mohon pencerahan mas

    BalasHapus
  101. Kak, mohon penceraannya. aku kan mau buat kelembaban menggunakan sensor DHT11 yang disambungkan ke VB 6 dengan arduino UNO. caranya menampilkan data sensornya di VB 6 bagaimana kak? Bingung ini kak. Googling kok hasilnya tetap kak. bagian .Input error terus. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kirim gambar erronya??sama rangkainnya

      Hapus
  102. mas, boleh minta kodingnya vb dan arduinonyo buat referensi TA ? kebetulan TA saya menggunakan vb dan arduino. kalo boleh bisa kirim ke email saya mas wildahermanheral01@gmail.com
    makasi mas

    BalasHapus
  103. saya tertarik sekali dengan artikelnya, boleh saya minta coding sama simulasinya mas?
    ini alamatnya maulana_fajarn@yahoo.com
    terimakasih

    BalasHapus
  104. mas andi.. bagi dong ilmunya, sy juga ingin belajar cara koneksi port nya dengan vb. kirim ke noorjunianto22@gmail.com. Thx mas andi. Pengeran sing mbalez..

    BalasHapus
  105. Sangat membantu mas.. Boleh minta codind vbnya n simulasinya trims. Ferisnt@gmail.com

    BalasHapus
  106. Mohon maaf agan agan sekalian, saya jarang banget Online akhir-akhir ini. sebelumnya saya mau tanya, itu link yang ada di paling bawah dari artikel ini ga bisa di download kah? saya kasih link itu biar yang pengen nyoba coding yang sudah saya buat ga perlu nunggu e-mail dari saya. begitu. kasian soalnya kalo nunggu saya online dulu.

    BalasHapus
  107. Sangat membantu mas... bisa minta coddingnya mas alanrisuafauzi28@gmail.com
    Makasih mas

    BalasHapus
  108. terimakasih mas, sangat bermanfaat sekali. boleh minta alamat e-mailnya? saya mau sharing2 tentang tugas akhir saya, saya mau buat simulasi banjir, terimakasih.

    BalasHapus
  109. Terimah kasih, saya telah berhasil mengontrol penuh arduino kontrol pwm dan baca adc

    BalasHapus

I am sorry for anyone who access this site but expecting articles in english.

If you have question just post it on comment or to my mail.
Thanks