Sponsored by

Jumat, 06 Januari 2012

Integrated Circuit LM2576

Beranda
LM2576 / LM2575 adalah IC regulator tegangan monolitik yang meemberikan semua fungsi aktif untuk sebuah step-down switching regulator. National Semiconductor mengklaim bahwa IC ini mampu meggerakan beban hingga 3A dengan batasan yang sangat baik. Sedangkan tipe tegangan keluaran dari regulator ada dua jenis, yaitu fixed dan adjustable. Tipe fixed beberapa diantaranya adalah 3.3V, 5V, 12V, dan 15V. IC ini memerlukan komponen external, untuk tipe fixed komponen yang dibutuhkan adalah 2 capaditor polar, satu induktor, dan satu diode schottky. sedangkan untuk tipe adjustable selain komponen diatas juga diperlukan 2 buah resistor sebagai pembagi tegangan. IC ini memiliki kompensasi frekuensi internal dan sebuah osilator frekuensi tetap. Dibawah ini adalah gambar rangkaiannya.

Nilai untuk komponen-komponen diatas adalah :
CIN — 100 μF, 75V, Aluminum Electrolytic
COUT — 1000 μF, 25V, Aluminum Electrolytic
D1 — Schottky, MBR360
L1 — 100 μH, Pulse Eng. PE-92108
R1 — 2k, 0.1%
R2 — 6.12k, 0.1%

Cara untuk mencari Vout untuk tipe adjustable adalah sebagai berikut;
Rangkaian untuk tipe LM2575 sama dengan 2576, hanya komponen externalnya memiliki nilai yang berbeda, perbedaannya diantaranya adalah Cout 330 μF, 25V, Aluminum Electrolytic, L bernilai 330μH, diode dapat diganti dengan tipe yang memiliki beban maksimal 1A, hal ini dikarenakan arus yang mengalir pada IC tipe 2575 adalah 1A. Sedangkan untuk nilai resistor disesuikan dengan kebutuhan.

IC seri 2576 menawarkan penggantian dengan efisiensi tinggi dari regulator tiga terminal yang populer. Secara substansial yang dikurangi adalah mengurangi uuran dari heat sink, dan pada kasus tertentu heat sin tidak dibutuhkan. Seri standar dari induktor yang akan digunakan pada LM2576 tersedia dari beberapa perusahaan yang berbeda. Fitur ini sangat mempermudah desain dari power supply mode switch.

Fitur yang lain adalah garansi tolesansi sebesar ±4% pada tegangan keluaran pada tegangan input tertentu dan kondisi dari beban, serta ±10% garansi pada frekuensi oscillator.

Meskipun IC ini jika dilihat pada datasheet sangat sediit memiliki kekurangan, dan kinerjanya memang lebih baik dari IC tiga kaki, namun anda harus berhati-hati pada pemilihan induktor, sebab ini akan mempengaruhi referensi pada IC dan akibatnya output yang terjadi akan tidak sessuai dengan yang diharapkan.

Selamat Mencoba.



2 komentar:

  1. Halo,
    alternatif lain tersedia hybrid ic module SMR88xx yang sudah switching mode voltage regulator dengan output up to 5amp, dengan ukuran mirip 78xx
    elkalan.blogspot,com

    BalasHapus

I am sorry for anyone who access this site but expecting articles in english.

If you have question just post it on comment or to my mail.
Thanks